Awal berdirinya karoseri Adiputro dimulai oleh dua orang kakak beradik yang mempunyai ide untuk membuat atau merubah mobil terbuka atau pick up menjadi mobil penumpang. Mereka berdua mempunyai ide seperti itu karena melihat perkembangan permintaan mobil penumpang pada waktu itu sangat menjanjikan. Ide kakak beradik tersebut mendapat respon yang baik, kemudian menginjak tahun ke tiga berdirilah karoserti AdiPutro. Tujuh tahun kemudian Adi Putro mulai mencoba menggunakan mesin press body atau lebih dikenal dengan istilah full prossed body. Pada tahun 1986 Adi Putro mulai menggunakan system cat Oven. Untuk mengembangkan usaha dibidang karoseri Adi Putro melakukan pendiriaan kantor pemasaran di Jakarta dan pabrik perakitan di Bekasi. Pada 1994 Adi Putro mulai melakukan kerja sama dengan produsen bis asal Jerman ( Mercedes Benz ), melalui kerjasama ini para tenaga ahli Adi Putro di kirim ke Jerman untuk mempelajari standar perakitan yang bertaraf internasional. Dengan kerjasama ini membuka peluang Adi Putro untuk menggapai pasar asia tenggara. Tahun 1995 Adi Putro mulai memproduksi perakitan bus. Pada waktu itu pesaing terkuat Adi Putro yakni karoseri Morodadi Prima. Pada awalnya pabrik Adi Putro hanya memiliki kapasitas hanya untuk merakit satu bus saja. Dan PO pertama yang menjadi pelanggan Adi putro adalah PO. Safari Dharma Raya . Demikian sejarah singkat tentang berdirinya karoseri Adi Putro Malang. Dan dibawah ini adalah beberapa body bus buatan Adi Putro sebagai beikut : • Body bus yang di bikin pertama kali oleh Adi Putro untuk SDR adalah Dream Liner dan body yang kedua yang di buat adalah Tourismo. • Body selanjutnya.... Setra tanpa selendang dan setra tanpa selendang • Body selanjutnya Neoplan... Model ini mendapat liusensi dari Jerman, Neoplan Made in Adi Putro yang sudah menggunakan chasis om366LA yang udah menggunakan airsus. • Body Van Hool.... pada masanya banyak digunakan untuk chasis MAN dan Scania.. Model - model di atas emang telah melewati masa keemasan di jamannya,akan tetapi masih sangat di gemari dan mungkin di anggap bernialai sejarah. • Next adalah model body Sprinter... • Body Travego, di produksi kurang lebih tahun 2002 • Body Setra, Body ini menjadi favorit operator bus pada saat itu , body ini juga yang membuat nama Adi Putro semakin melambung dan di kenal banyak orang... Setra ada 2 yaitu Old Setra dan New Setra.. • Body adalah new travego... • Body Royal travego alias Jetbus... di bagi dua : biasa dan High Deck... perbedaanya terletak pada tinggi lantai dengan roof. yang High Deck lebih tinggi 20 cm.. • Untuk body Jetbus HD alias Royal Travego ini mengalami beberapa perubaha minor change • Adi putro juga memproduksi perakitan body buat medium bus juga micro bus macam Isuzu Elf dan Hino Dutro shuttle bus.
No comments:
Post a Comment